Sunday 22 April 2012

INILAH DENMARK

   Denmark kembali berada di urutan pertama negara paling bahagia di dunia. Seperti apakah "kebahagiaan" di Denmark itu ....

1.  PARK
   Beberapa temanku dari luar negeri yang pernah berkunjung ke beberapa kota di Indonesia sering bertanya, "apakah setiap kota di Indonesia mempunyai taman?" Tentu saja aku jawab dengan percaya diri, "PASTI!" Dan ketika kutunjukkan Taman Bungkul yang terkenal di Surabaya, mereka bilang ... "Bukan seperti ini taman yang kumaksud." 
      Alamak, baru kutahu ketika akhirnya aku berkesempatan menginjakkan kakiku di dataran Eropa. Baru "ngeh" yang namanya taman alias "Park" versi mereka, hehehe ...... 
    Park (taman) di negara-negara Eropa umumnya ada beberapa di tiap sudut kotanya. Dan arealnya, amboiii .... besarnya. Kalau Surabaya selalu berusaha menjadi kota "green clean" di Indonesia dengan upaya keras seorang "Tri Risma Harini" yang menyulap taman-taman kota dengan pohon-pohon asrinya, pemerintah kota Denmark sudah menjalaninya berpuluh-puluh tahun yang lalu. 
      Ya, ada beberapa taman terhampar luas di tiap sudut kota Denmark. Umumnya terdapat banyak pohon dengan beraneka warna daun dan akses jalan yang sangat bagus. Taman ini biasa digunakan buat jogging (di Denmark, jogging tidak hanya dilakukan pagi hari. Ada juga melakukan aktifitas tersebut malam hari, mengingat aman-nya kota Denmark), membaca buku atau sekedar menikmati indahnya hamparan warna-warni beserta aliran sungai kecilnya. Dan di sungai inilah biasanya burung-burung dan bebek-bebek berkumpul dan bersendawa. Aku sering berkata pada mereka, "Jangan hidup di Indonesia, kawan. Peluru akan menerjangmu dan pada akhirnya akan sampai kau di pinggan masakan ..."




Salah satu Park di kota Aarhus

     Bahkan ada juga satu taman yang khusus menjadi peristirahatan Ratu Denmark di saat musim panas. Istana ini bisa dikunjungi dengan jadwal waktu 17 Juni sampai dengan 14 Juli setiap tahunnya.

Istana musim panas Ratu Denmark di Aarhus

Jadwal dibukanya Istana Ratu Denmark di saat musim panas di Aarhus


2.  KINCIR ANGIN
      Kincir angin ternyata bukan dominasi negara Belanda. Di Denmark terdapat banyak kincir angin. Kincir angin di Denmark fungsinya juga sama seperti di negara Belanda, yaitu berfungsi untuk mendorong air ke lautan agar terbentuk daratan baru yang lebih luas (polder). Hal ini mengingat letak dataran Denmark yang sebagian besar wilayahnya juga berada di bawah permukaan laut.

Kincir Angin tua di tengah kota Aarhus


3.  BANGUNAN TUA
    Selama di Denmark, menghitung bangunan baru ternyata bukan pekerjaan mudah. Umumnya rumah tinggal, apartment, perkantoran, sekolah, dan lain-lain, bangunannya merupakan bangunan tua. Dan meskipun bangunan tua, tetapi bangunan tersebut sangat kokoh dan indah dari sudut arsitekturnya.
      Untuk bangunan stasiun kereta api di beberapa kota di Denmark, biasanya stasiunnya terletak menjadi satu dengan pusat berbelanjaan. 

Gedung stasiun Kereta Api dan pusat berbelanjaan di Kopenhagen
Bangunan beberapa perbelanjaan di tengah kota Aarhus
Salah satu rumah hunian di Aarhus

Salah satu apartmen di Aarhus



4. TRANSPORTASI UMUM
     Ada banyak jenis transportasi umum di Denmark. Mulai dari Taxi, bis sampai dengan kereta api. Untuk di kota-kota selain taxi, ada juga transportasi umum nan murah, yaitu bis kota. Umumnya bis di sekitar kota-kota di Denmark berwarna kuning dengan nomor-nomor berbeda menurut area. Dan bis ini hanya akan berhenti mengambil dan menurunkan penumpangnya di halte pemberhentian bis. Jadi jangan harap menerapkan sistem di Indonesia, melambaikan tangan di setiap sudut jalan, hehehe. Satu cacatan yang patut diancungi jempol, ketepatan waktu. Hhhmmm ....
     Dan untuk pembayaran, biasanya sopir tidak peduli. Karena di dalam bis ini, ada tiga alat pembayaran yang disediakan buat penumpang. Pembayaran dengan "klik" kartu berlangganan, pembayaran dengan kartu ATM atau kartu kredit, serta pembayaran dengan uang tunai dengan sistem komputerisasi sidik jari.
    Beberapa bis ini ada yang sangat panjang. Hhhmm, bayangkan jika jenis ini diterapkan di Indonesia. Semakin macet tentunya, hehehe .....

Hiruk pikuknya bis kota di Aarhus


        
Bis terpanjang di Denmark
Salah satu halte bis di Aarhus

Kartu berlangganan angkutan bis umum di Denmark


5. TUKANG POS
      Inilah seragam kebesaran tukang pos di Denmark yang masih menggunakan sepeda .....








6. EMANSIPASI DI DENMARK
   Masyarakat dalam negara kesejahteraan Denmark terbentuk atas dasar penghormatan atas individu-individu di dalamnya dan rasa tanggung jawab bersama dalam masyarakat, baik dalam kaitan dengan keluarga maupun masyarakat secara keseluruhan.
   Persamaan hak antara perempuan dan laki-laki. Laki-laki dan perempuan memiliki hak dan tanggungjawab yang sama dalam setiap aspek kehidupan seperti dalam dunia kerja, ekonomi dan kehidupan politik. Hal yang sama berlaku pula dalam keluarga dimana laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama dalam membuat keputusan tentang hidup mereka. Contoh lainnya dalam kebanyakan keluarga di Denmark baik suami maupun istri bekerja di luar rumah dan bekerjasama dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari di rumah. 
     Merupakan pemandangan yang wajar melihat seorang bapak mengajak bayi atau anak-anaknya jalan-jalan tanpa ditemani oleh sang ibu.





No comments: