Sunday 15 April 2012

Apa Yang Saya Cari Dalam Hidup Saya?


   “What am I looking for in my life?” alias “Apakah yang saya cari dalam hidup saya?” 
  Setiap orang dalam periode tertentu akan melalui fase pencarian jati diri. Pencarian jati diri diperoleh dari berbagai hal yang didapat dari proses belajar dan bagaimana kita memaknai perjalanan hidup yang telah dilewati. Belajar untuk MENGETAHUI (to know), MELAKUKAN (to do), BERINTERAKSI dengan orang lain (to live together) dan akhirnya MENJADI (to be).
   Belajar dari keberhasilan dan kegagalan yang dialami. Setiap orang memiliki tujuan hidupnya masing-masing dan cara mencapai tujuan hidup pun setiap orang berbeda. Tujuan hidup itulah yang ingin kita capai di dalam kehidupan kita. Bukankah begitu? Begitu bukan? 
  Terlepas dari APA tujuan hidup tiap manusia, karena pasti setiap manusia memiliki jawaban yang berbeda, berhasil atau gagal tergantung pada upaya dan kerja keras setiap orang. Ada orang yang merasa apa yang telah dicapainya saat ini  belum apa-apa, padahal orang lain melihat bahwa ia telah mencapai keberhasilan besar, karena ia selalu melihat dirinya dari sudut pandangnya dan selalu membandingkan keberhasilan orang lain sebagai persaingan negatif, sehingga tidak MENGHARGAI apa yang telah dicapai dan selalu merasa kurang.    
   Pada akhirnya timbul kalimat “Aku tidak berarti apa-apa atau siapa-siapa.” Ada juga sebaliknya, orang yang selalu bersyukur atas semua prestasi dan membuat keberhasilan orang lain sebagai motivasi untuk mencapai hasil yang lebih baik. Membuat hidupnya selalu dipenuhi dengan warna-warna yang indah. 
  Jadi pertanyaan : "apa yang saya cari dalam kehidupan saya?" atau pernyataan : "saya bukan siapa siapa-siapa" tidak pernah terbesit dalam pikiran kita. Karena jawabannya ada pada diri kita sendiri, hanya kita yang dapat menemukan jawabannya. Karena hidup adalah bagaimana kita mewarnai kehidupan itu sendiri dan seberapa keras usaha kita untuk mencapainya. Selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki, mencintai, menyayangi, memperhatikan, BERBAGI kepada orang-orang yang memerlukan adalah hal terindah dan membuat hidup kita memiliki makna.

   Jadi … “Apa yang Anda cari dalam hidup Anda?” atau “Ingin menjadi siapa Saya dalam hidup Saya?” Andalah yang menentukan!


No comments: